News Detail

Pasar Pajus, Pasar Semua Kalangan di Medan

Sabtu, 18 Januari 2020 11:36
Tribun Family card
Para Pengunjung Pajus Sedang Berbelanja Produk Dengan Harga Terjangkau, Sabtu (04/01/2020). Pusat Perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan ini memberikan Voucher 50.000 bagi Member TFC Yang Berbelanja. 
MEDAN - Pasar Pajus sudah terkenal menjadi tempat belanja berbagai produk dengan harga yang terjangkau. Berlokasi di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan kini Pasar Pajus kian bertranformasi menghadirkan tempat belanja yang lengkap mulai dari produk fesyen hingga kuliner.
 
Direktur Pasar Pajus, Edwin Renaldo atau yang kerap disapa dengan sebutan Aseng Pajus mengatakan dulunya Pajus disebut sebagai Pajus (Pajak USU) karena letaknya di belakang Fakultas Hukum USU. Pada bulan September tahun 2010 Pajus terbakar kemudian dipindahkan ke Jalan Jamin Ginting ini.
 
Menurut Aseng, Pajus ini dikenal dengan pasar mahasiswa namun kini tidak hanya mahasiswa yang datang berbelanja di Pajus tapi juga semua kalangan. Salah satu hal yang baru dari Pasar Pajus adalah didirikannya sebuah landmark berupa pesawat sejak dua bulan terakhir. Selain supaya bisa jadi spot foto kehadiran landmark ini juga diharapkan bisa memudahkan pengunjung untuk mengingat Pasar Pajus.
 
"Kepanjangan Pajus itu dulunya Pajak USU, tapi sekarang kepanjangan Pajus itu Pajak untuk Semua. Kalau kita, orang Medan bilang pasar itu pajak. Kini, Pajus semakin tertata rapi, tidak hanya pakai tenda, tapi sekarang sudah bangunan beton dengan pintu besi, lantai keramik, dan suasana jalan juga sudah paving block," ujar Aseng.
 
Ia mengatakan hingga saat ini jumlah kios yang tersedia di Pajus sebanyak 250an kios. Selain diisi dengan pedagang yang berada di kios, Pajus juga diisi dengan berbagai pedagang bazar.
 
"Pedagang kios dan bazar di Pajus ini lebih kurang 250 lapak. Tempat ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari antara lain ATK (Alat Tulis Kantor), aksesoris handphone, printer, kuliner, baju, tas, sepatu, produk import, semua ada disini," ucapnya.
 
Aseng menjelaskan Pajus ini bermanfaat bagi orang sekitar dalam hal mengurangi pengangguran dengan adanya penyerapan tenaga kerja. Mulai dari pegawai parkir, pegawai jaga malam, kebersihan, penjaga kamar mandi dan pegawai para pedagang tersebut.
 
"Pajus ini menggerakkan ekonomi di Kota Medan, sedikit banyaknya pasti mempengaruhi pendapatan daerah. Pajus ini tempat berkumpulnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan modal jutaan hingga ratusan juta," kata Aseng.
 
Diakui Aseng, daya beli konsumen stabil di Pajus ini. "Di saat pasar lainnya merasa daya beli menurun tapi kalau di Pajus ini, Alhamdulillah stabil, omzet para pedagang tetap terjaga. Pengunjung yang datang ke Pajus juga selalu ramai," ucapnya.
 
Ia mengatakan pengunjung yang datang ke Pajus bukan hanya warga Kota Medan, bahkan ada juga konsumen yang datang dari luar kota dan luar pulau. Diantaranya warga Lubuk Pakam, Kabanjahe, Binjai, Jakarta dan lain-lain.
 
"Jumlah pengunjung ke Pajus lebih kurang ada ribuan orang setiap harinya, bisa dilihat dari padatnya pembeli dan juga jumlah parkir sepeda motor. Konsumen yang datang rata-rata penduduk Kota Medan, para mahasiswa dan masyarakat secara umum," jelas Aseng. (c18)
 
Harga Produk Terjangkau
 
Direktur Pasar Pajus, Edwin Renaldo atau yang kerab disapa dengan sebutan Aseng Pajus mengatakan terkait harga produk, Pajus menawarkan harga relatif terjangkau dibandingkan tempat berbelanja lainnya. 
 
"Sebagian produk memiliki harga yang sangat jauh berbeda mencapai hingga 300 persen, misalnya untuk produk kacamata. Harga produk kita bersaing dengan kualitas barang terjamin," kata Aseng.
 
Ia berharap Pajus semakin berjaya, maju, dan lebih sukses dengan semakin meningkatnya pengunjung, sehingga menambah penghasilan para pedagang. 
 
Pasar Pajus buka setiap hari mulai Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 19.30 WIB.Diakui Aseng, Pasar Tradisional dapat kalah saing dengan mall, meskipun begitu, ia berharap pemerintah juga dapat lebih memberi perhatian lebih dengan keberadaan pasar tradisional ini.
 
"Agar tetap eksis dan bertahan dalam hal persaingan pasar sejenis, kita selalu kreatif, berinovasi, produk-produk yang dijual itu selalu update dan mengikuti tren. Bagi seluruh masyarakat, mari belanja ke Pajus, semua kebutuhan sudah ada di sini, kualitas produk terjamin, harga produk juga terjangkau," kata Aseng. (cr18)
 
Gratis Voucher Rp 50 Ribu
 
Bagi member Tribun Family Card (TFC) anda bisa mendapatkan Voucher belanja senilai Rp 50 ribu. Keuntungan ini bisa anda dapatkan dengan cukup menunjukkan kartu TFC anda. 
 
"Pengambilan Voucher bisa dilakukan di kantor Pasar Pajus. Cukup dengan tunjukkan kartu TFC nya," ujar Direktur Pasar Pajus, Edwin Renaldo atau yang kerab disapa dengan sebutan Aseng Pajus
 
Cukup membayar Rp 700ribu, anda sudah bisa menjadi member TFC Premium selama setahun. Anda bisa mendapatkan promo-promo menarik dari merchant yang bekerjasama seperti di Pasar Pajus ini dan puluhan merchant lainnya.
 
Tribun Family Card Premium merupakan program untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia Tribun Group di seluruh Indonesia dan juga merupakan wujud penghargaan kepada pelanggan dari segmen premium.
 
Kartu member TFC merupakan kartu member premium, bagi pelanggan koran Tribun Group di seluruh Indonesia. Jadi cukup satu kartu member bisa digunakan di seluruh Indonesia
 
Kartu ini berlaku hanya satu tahun, jika ingin memperpanjang harus berlangganan koran lagi selama satu tahun dan seterusnya. (cr18)
Penulis: Tribun Medan
Editor: Administrator