News Detail

TFC PREMIUM: Pempek Sriwijaya Hadir di Kota Medan Lebih dari 20 Tahun

Senin, 27 Juli 2020 09:23
Soal Pengganti Reinaldo, Appi: Pernah Main di Malaysia dan Datang Hari ini
Tribun Family card
PEMILIK Pempek Sriwijaya, Janice memegang salah satu varian rasa Pempek Sriwijaya. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Tahukan Anda, pempek tidak hanya ada di Kota Palembang. Hampir di semua daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) memproduksi makanan kenyal ini. Penyajiannya ditemani saos berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuka atau cuko dan dibuat pedas guna menambah selera.

Di Kota Palembang, makanan ini bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari restoran hingga gerobak.

Bagaimana Pempek di Kota Medan? Di ibukota Sumatera Utara ini teryata sudah berdiri Pempek Sriwijaya lebih dari 20 tahun.

Pemilik Pempek Sriwijaya, Janice mengatakan, pihaknya menyajikan Pempek yang merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri. Diakuinya, makanan kuliner Indonesia ini harus terus dipertahankan dan dikembangkan. Bisnis kuliner ini ia rintis bersama sang suami, Brilian Moktar sejak tahun 1999.

Resep Pempek Sriwijaya diketahui Janice dari mertuanya. Kilas balik ke belakang, Janice yang awalnya bekerja di perusahaan asing mengharuskannya bekerja ke luar kota. Namun, saat itu terpikir olehnya untuk memiliki usaha sendiri.

• Pempek Sriwijaya Hadirkan Pempek Frozen Tanpa Pengawet, Bisa Tahan Setahun "Kenapa saya pilih usaha kuliner Pempek, karena Pak Brilian suka makan Pempek. Pada waktu itu kita baru berumahtangga,

Pak Brilian tidak menemukan makanan kesukaannya yang dari daerahnya, karena Pak Brilian mamanya orang Palembang, papanya orang Jambi. Di Medan kita tidak menemukan Pempek, makanya mama mertua saya mengajari saya untuk membuat pempek," ujar Janice.

Saat itu, terpikir olehnya, ada satu potensi yang bisa dikembangkan, untuk menjawab kerinduan orang-orang di Medan akan Pempek.

Ia pun memasarkan Pempek Sriwijaya dan mendapat respon yang bagus dari konsumen. "Pak Brilian yang menemukan nama untuk Pempek ini, Pempek Sriwijaya. Kita tahu Sriwijaya itu satu kerajaan yang memang dulu sangat terkenal di Sumatera Selatan jadi kita memakai nama kerajaan itu yang mana sudah familiar kepada semua orang dan memang kerajaan ini ada di Sumsel," ungkapnya.

Beberapa produk Pempek Sriwijaya diantaranya kapal selam, kapal selam telur bebek, kapal selam telur ayam, kapal selam telur asin, lenjer, adaan, pempek kulit crispy, kumis naga, batagor bumbu kacang, tekwan, otak-otak bakar, otak-otak goreng dan sebagainya.

Janice menjelaskan cara pembuatan kapal selam diawal dengan mencuci ikan tenggiri dan kemudian mengambil daging ikan tersebut. Kulit dan daging ikan tenggiri pun disisihkan. Giling daging sampai halus kemudian campur dengan air, tepung, selanjutnya bentuk adonan menjadi kapal selam.

"Dalam adonan kapal selam itu kita masukkan telur mentah, jadi adonannya perlu dengan cepat ditutup sehingga adonannya bagus," ucapnya. Untuk bahan cuko kata Janice terdiri dari cabai rawit, bawang putih, gula merah, asam jawa, gula, dan garam. Harga Pempek Sriwijaya ini dibanderol Rp 28 ribu per piece, namun bila untuk kemasan partai bisa diharga Rp 25 ribu per piece.

Hal menarik lainnya, Pempek Sriwijaya ini selalu penuh dengan inovasi sehingga menghadirkan makanan kuliner lainnya. "Bulan lalu, kita ada program Pekzhang (pempek digabung dengan bakcang) dan pemasarannya sampai ke Jakarta, Bandung, Lampung, dan Palembang," ujarnya.

Pempek Sriwijaya Tawarkan Promo Spesial Paket Bukber


Pempek Sriwijaya memiliki dua kemasan yakni dalam bentuk vacuum dan kemasan frozen. Pempek ini sudah bisa didapat di 14 outlet di Sumut dan Aceh, diantaranya Suzuya, Brastagi Supermarket, K3 Mart, Pasar Buah Cemara dan sebagainya. "Kita konsisten dengan kualitas, jadi masyarakat tidak kecewa. Agar bisa terus berkembang, kita terus inovasi. Kita selalu menjaga mutu bahan baku, kualitas, dan higienis," katanya.

Ia berharap pemasaran Pempek Sriwijaya tak hanya di Sumut dan Aceh tapi juga bisa menjangkau ke seluruh nusantara, hingga menembus pasar luar negeri.

Gratis Pempek untuk Pengguna TFC Premium

Menjadi member Tribun Family Card (TFC) Premium Anda bisa mendapatkan beragam keuntungan dari puluhan merchant yang bergabung di TFC Premium. Satu diantaranya Anda bisa mendapatkan promo menarik di Pempek Sriwijaya Medan yang merupakan merchant yang tergabung di TFC tersebut.

Pempek Sriwijaya Medan menawarkan promo spesial untuk member TFC

Premium berupa gratis pempek atau dimsum khusus pada hari ulang tahun saja dan disk 10 persen untuk pembelian minimal Rp 100 ribu. Dapatkan di The Cloud Jalan Teuku Daud Medan dengan memperlihatkan logo Pempek Sriwijaya pada aplikasi TFC yang berlaku. Kartu member TFC merupakan kartu member premium, bagi pelanggan koran Tribun Group di seluruh Indonesia.

Jadi cukup satu kartu member bisa digunakan di seluruh Indonesia. Kartu ini berlaku hanya satu tahun, jika ingin memperpanjang harus berlangganan koran lagi selama satu tahun dan seterusnya. Informasi lebih lanjut tentang TFC, Anda bisa menghubungi nomor 08116249900 atau Install Aplikasi Tribun Family Card melalui smartphone. (nat/tribun-medan.com)

Penulis: Tribun Medan
Editor: Administrator