News Detail

Meskipun di Semanjung Arab, tetap bisa ikuti berita Serambi Indonesia melalui Tribun Family Card

Rabu, 18 Januari 2023 11:44
Tribun Family card
Rahmad Maulizar perlihatakn edisi cetak Serambi Indonesia melalui smartphone  

BANDA ACEH - Ibadah umrah sering disebut juga dengan istilah haji kecil, dapat dilakukan kapan saja kecuali pada hari Arafah yaitu tgl 10 Zulhijjah dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12,13 Zulhijjah.Ada persamaan dan ada perbedaan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan umrah.

 

Perbedaannya terletak pada waktu dan tempat pelaksanaan ibadah. Umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu, setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, kecuali waktu-waktu yang dilarang, dimulai dengan berihrom dan niat dari tempat miqot yang ditetapkan dan melakukan thawaf, sa’i serta tahalul di Masjidil Haram. Dalam ibadah umrah tidak ada syariat wukuf dan mabit sehingga tidak diperlukan pergi ke Arafah, Mina dan Muzdalifah. Dalam ibadah haji ketiga tempat tersebut wajib dikunjungi karena termasuk rukun dan wajib haji.

 

Ibadah umroh disyariatkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah Muhammad shalallaahu alaihi wasalam karena memiliki keistimewaan dan fadillah yang sangat besar bagi kita. Beberapa contoh keutamaan dan fadilah ibadah umroh tersebut adalah Kaffaroh atau penghapus dosa, sebagaimana dinyatakan dalam hadist bahwa, “Umrah (yang pertama) kepada umrah yang berikutnya sebagai kaffarat (penghapus) bagi (dosa) yang dilakukan di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya, melainkan Surga.” ( HR. Malik, al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa-i dan Ibnu Majah )

 

Pada hakikatnya seluruh jamaah haji dan umroh itu adalah tamu-tamu Allah SWT. Banyak orang yang secara materi mampu berangkat ke tanah suci kapan saja, tetapi jika Allah belum memanggilnya, belum tentu orang tersebut tergerak hatinya untuk berangkat ke tanah suci. Ada juga yang sebaliknya, secara materi mungkin belum mampu, tapi saat allah sudah memanggilnya, dia bisa berangkat dengan perantaraan siapa saja.

 

Selalu update informasi Aceh melalui Tribun Family Card PremiumSerambi Indonesia 

Seorang pekerja sosial yang fokus pada program operasi bibir sumbing  di Aceh,  Rahmad Maulizar, pada akhir November 2022 melakukan perjalanan Ibadah umrah bersama keluarga, saat menjalankan rukun umrah juga berkesempatan mengunjugi tempat - tempat yang mustajabah, yang punya nilai nilai tersendiri " Alhamdulillah, dengan bergabungnya saya bersama tribun family card sejak mulai diluncurkan pada awal thn 2018, saya selalu bisa mengikuti perkembangan berita Aceh melalui fasilitas koran digital Hr Serambi Indonesia, jarak tidak lagi menjadi persoalan,  mulai pukul 05.00 wib, sudah mendapatkan informasinya. hal ini sangat mendukung saya sebagai pekerja sosial yang selalu melakukan perjalanan ke pedalaman di Aceh, lebih awal mengetahui kondisi kota kabupaten desa tujuan melalui aplikas ini.

 

Saat ditanah Suci mulai pukul 24.00 waktu Arab Saudi saya sudah bisa membaca koran Serambi Indoesia  edisi hari ini, hal ini dimudahkan karena perbedaan waktu, dimana  Aceh lebih dulu empat jam dengan Arab Saudi"  ujar Rahmad Maulizar ( SB)

 

Penulis: Serambi Indonesia
Editor: Administrator
NEWS POPULER