News Detail

Meskipun di semanjung Arab, tetap bisa ikuti berita Aceh melalui Tribun Family Card Serambi Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 11:44
Soal Pengganti Reinaldo, Appi: Pernah Main di Malaysia dan Datang Hari ini
Tribun Family card
Rahmad Maulizar perlihatakn edisi cetak Serambi Indonesia melalui smartphone  

BANDA ACEH - Ibadah umroh sering disebut juga dengan istilah haji kecil, dapat dilakukan kapan saja kecuali pada hari Arafah yaitu tgl 10 Zulhijjah dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12,13 Zulhijjah.Ada persamaan dan ada perbedaan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan umrah.

 

Perbedaannya terletak pada waktu dan tempat pelaksanaan ibadah. Umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu, setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, kecuali waktu-waktu yang dilarang, dimulai dengan berihrom dan niat dari tempat miqot yang ditetapkan dan melakukan thawaf, sa’i serta tahalul di Masjidil Haram. Dalam ibadah umrah tidak ada syariat wukuf dan mabit sehingga tidak diperlukan pergi ke Arafah, Mina dan Muzdalifah. Dalam ibadah haji ketiga tempat tersebut wajib dikunjungi karena termasuk rukun dan wajib haji.

 

Ibadah umroh disyariatkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah Muhammad shalallaahu alaihi wasalam karena memiliki keistimewaan dan fadillah yang sangat besar bagi kita. Beberapa contoh keutamaan dan fadilah ibadah umroh tersebut adalah Kaffaroh atau penghapus dosa, sebagaimana dinyatakan dalam hadist bahwa, “Umrah (yang pertama) kepada umrah yang berikutnya sebagai kaffarat (penghapus) bagi (dosa) yang dilakukan di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya, melainkan Surga.” ( HR. Malik, al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa-i dan Ibnu Majah )

 

Pada hakikatnya seluruh jamaah haji dan umroh itu adalah tamu-tamu Allah SWT. Banyak orang yang secara materi mampu berangkat ke tanah suci kapan saja, tetapi jika Allah belum memanggilnya, belum tentu orang tersebut tergerak hatinya untuk berangkat ke tanah suci. Ada juga yang sebaliknya, secara materi mungkin belum mampu, tapi saat allah sudah memanggilnya, dia bisa berangkat dengan perantaraan siapa saja.

 

Selalu bisa update informasi Aceh melalui Tribun Family Card 

Seorang pekerja sosial yang fokus pada program operasi bibir sumbing  di Aceh,  Rahmad Maulizar, pada akhir November 2022 melakukan perjalanan Ibadah umrah bersama keluarga, saat disana selain fokus pada kegiatan ibadah umrah juga berkesempatan mengunjugi tempat - tempat yang mustajabah, " dengan bergabungnya saya bersama tribun family card, Alhamdulilah, saya selalu bisa mengikuti perkembangan berita Aceh melalui fasiluitas koran digital Hr Seerambi Indonesai, jarak tidak lagi menjadi persoalan,  mulai pukul 12 malam saya sudah bisa akses koran edisi hari ini, karena perbedaan waktu Aceh lebih duluan empat jam dengan Arab Saudi, Semoga yang sudah berkesempatan ibadah haji atau umrah, diterima seluruh amal ibadahnya, dan bagi yang belum berkesempatan, semoga Allah segera memanggilnya dan memperoleh kelapangan rejeki untuk melaksanakannya, serta kita semua digolongkan menjadi hamba – hamba yang diridloi-Nya. Aamiin YRA" ujar Rahmad(*)

 

Penulis: Serambi Indonesia
Editor: Administrator
NEWS POPULER